Nyeri sendi - Gejala, penyebab dan mengobati


Nyeri sendi dapat terjadi pada siapa saja dan pada usia berapa pun. Dalam satu survei, sekitar sepertiga dari orang dewasa dilaporkan mengalami nyeri sendi dalam kurun waktu 30 hari terakhir. Nyeri lutut adalah jenis yang paling umum dari nyeri sendi, diikuti oleh nyeri bahu dan pinggul. Nyeri sendi kronis dapat memiliki dampak besar pada hidup pasien. Berikut membahas lebih dalam tentang nyeri sendi.

Arthritis

Arthritis adalah penyebab paling umum dari nyeri sendi. Dua jenis utama dari arthritis adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Arthritis menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi, yang menyebabkan pembengkakan, peradangan, kekakuan dan ketidakmampuan untuk bergerak. Ini biasanya mempengaruhi pergelangan tangan, tangan, pinggul dan lutut. Tulang rawan pada sendi berfungsi sebagai bantalan dan penyerap syok pada sendi Anda.
Osteoarthritis biasanya merupakan proses bertahap di mana kerusakan tulang rawan memburuk dari waktu ke waktu. Obesitas dapat menyebabkan tekanan pada sendi Anda dan membuat Anda lebih berisiko terhadap jenis arthritis. Biasanya dengan tetap aktif dan menjaga berat badan yang sehat dapat memperlambat perkembangan tersebut.
Rheumatoid arthritis adalah gangguan sendi autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan normal di sendi Anda. Hal ini menyebabkan peradangan, yang menyebabkan nyeri sendi dan kerusakan tulang rawan. Rheumatoid arthritis lebih sering mempengaruhi wanita daripada pria dan dapat merusak serta melemahkan sendi dari waktu ke waktu. Selain peradangan, penumpukan cairan dapat menambah nyeri sendi.

Encok/gout atau pseudogout

Encok menyebabkan serangan sakit secara tiba-tiba, kemerahan dan nyeri pada sendi, yang biasanya terjadi pada jempol kaki. Encok disebabkan oleh penumpukan asam urat, yang merupakan produk sampingan dari pemecahan protein. Ginjal biasanya tidak dapat menghilangkan asam urat berlebih jika tidak berfungsi dengan baik atau ketika Anda mengonsumsi makanan tertentu dengan tingkat asam urat tinggi. Makanan ini termasuk daging merah, makanan laut, dan bir.
Ketika kadar asam urat menjadi tinggi, pembentukan kristal pada sendi menyebabkan peradangan dan sakit parah. Jika tingkat menjadi sangat tinggi, akan terjadi pembentukan kristal pada sendi. Kristal menyebabkan sendi menjadi meradang dan sangat menyakitkan. Anda dapat mengelola gout Anda dengan olahraga teratur dan diet yang sehat. Alih-alih meminum alkohol dan minuman manis, Anda harus minum banyak air mineral.
Pseudogout adalah kondisi yang mirip dengan gout, dimana kristal kalsium disimpan di dalam dan sekitar sendi. Namun, tidak seperti gout, pseudogout biasanya mempengaruhi sendi lutut. Penyebab pseudogout masih belum jelas. Usia tua dan riwayat keluarga dapat meningkatkan risiko.

Radang sendi

Ada berbagai jenis kondisi yang dapat menyebabkan radang sendi. Ketika lapisan jaringan sendi meradang ini disebut sinovitis traumatis. Ketika bantalan-bantalan di sekitar sendi meradang, maka ini disebut bursitis. Kondisi ini umumnya akibat dari cedera sendi. Cara terbaik untuk mencegah cedera sendi adalah dengan menggunakan pakaian pelindung dan sepatu yang tepat saat bermain olahraga atau saat melakukan kegiatan lainnya.

Keseleo dan tegang

Nyeri sendi juga bisa disebabkan karena keseleo dan tegang. Kadang-kadang ketika Anda mengalami keseleo atau ketegangan, ligamen menjadi robek. Ligamen Anda adalah jaringan yang menghubungkan tulang di sendi. Keseleo dan tegang biasanya terjadi ketika Anda jatuh, atau terluka. Selain nyeri sendi, Anda mungkin mengalami pembengkakan dan kesulitan bergerak. Dalam beberapa kasus, kejang otot dapat terjadi. Pengobatan awal untuk keseleo dan tegang meliputi mengistirahatkan bagian yang terluka, terapi es dan perban untuk kompres dan menstabilkan sendi.
Ini adalah penyebab paling umum untuk nyeri sendi. Cara terbaik untuk mengendalikan risiko Anda adalah melalui olahraga yang tepat, diet sehat dan mengenakan pelindung selama aktivitas fisik.

Kerusakan tempurung lutut

Pernahkah Anda mendengar tentang chondromalacia? Ini juga dikenal sebagai “lutut pelari” dan adalah suatu kondisi di mana tulang rawan di tempurung lutut Anda (patella) rusak. Hal ini dapat terjadi pada orang yang masih muda dan aktif serta pada dewasa tua yang memiliki arthritis. Chondromalacia paling sering disebabkan oleh cedera akibat olahraga berlebihan atau keselarasan lutut yang tidak benar, yang terlihat pada banyak pelari. Anda dapat mengobati masalah ini sendiri dengan anti-inflamasi, kantong es, dan istirahat.

Apa itu nyeri sendi?

Sendi adalah di mana dua tulang saling terhubung. Sendi terbuat dari tulang rawan, tulang, ligamen, tendon atau otot. Sendi ditemukan di seluruh tubuh kita seperti leher, tangan, pergelangan tangan, siku atau lutut kita. Nyeri sendi terjadi ketika salah satu bagian rusak karena digunakan terlalu lama, cedera atau gangguan inflamasi.Namun, nyeri sendi sering disebabkan oleh arthritis, suatu kondisi yang disebabkan oleh peradangan sendi.
Nyeri sendi dapat disertai dengan nyeri otot atau nyeri tulang. Nyeri sendi bisa menyebabkan ketidaknyamanan ringan, nyeri setelah melakukan kegiatan tertentu, nyeri berat dan membatasi gerakan Anda, terutama ketika mengangkat beban.
Nyeri sendi dapat hilang setelah beberapa minggu (akut), atau berlangsung selama beberapa minggu atau bulan (kronis). Meskipun memiliki efek pada kehidupan Anda, nyeri sendi sering dikaitkan dengan kondisi yang tidak serius. Anda bisa mengobati nyeri sendi dengan obat, terapi fisik, atau pengobatan alternatif.

Apa penyebab nyeri sendi?

Nyeri sendi dapat terjadi di bagian manapun pada tubuh. Pada orang lanjut usia, nyeri sendi biasa terjadi karena tubuh kita lambat memproduksi sel-sel baru. Ketika Anda bertambah usia, nyeri sendi semakin umum terjadi.
Banyak kondisi berbeda yang dapat menyebabkan nyeri sendi, termasuk osteoarthritis, rheumatoid arthritis, bursitis, asam urat, keseleo, dan cedera lainnya. Nyeri sendi sangatlah umum.
Dari semua sendi, sendi lutut adalah sendi yang paling sering terluka. Nyeri lutut merupakan hal yang umum, tetapi mungkin tidak disebabkan oleh nyeri sendi. Penyebab paling umum dari nyeri sendi dijelaskan di bawah ini.
  • Cedera pada sendi
  • Memburuknya osteoarthritis
  • Radang selaput sendi
  • Kerusakan tulang rawan di bagian belakang tempurung lutut
  • Perdarahan di dalam ruang sendi
  • Gout atau pseudogout
Nyeri sendi dapat terjadi di beberapa sendi pada saat yang bersamaan. Karena kita memiliki banyak sendi, kita mungkin mengalami nyeri sendi pada lebih dari satu sendi. Beberapa penyakit dapat menyebabkan nyeri sendi:
  • Osteoarthristis
  • Radang Sendi
  • Psoriatic arthritis
  • Sebuah infeksi virus yang menyebabkan arthritis
  • Penyakit jaringan ikat
  • Kanker

Apa saja gejala nyeri sendi?

Nyeri sendi terjadi pada sendi. Nyeri sendi yang paling sering dilaporkan adalah nyeri lutut. Gejala nyeri sendi dapat mencakup:
  • Kemerahan pada sendi
  • Sendi bengkak
  • Ngilu pada sendi
  • Sendi terasa panas
  • Pincang
  • Sendi terkunci
  • Kehilangan rentang gerak sendi
  • Kaku
  • Lemah

Bagaimana cara mendiagnosis nyeri sendi?

Nyeri sendi jarang termasuk ke dalam keadaan darurat. Sebagian besar kasus nyeri sendi ringan berhasil disembuhkan di rumah. Namun, untuk amannya, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika nyeri sendi Anda disertai dengan:
  • Pembengkakan
  • Kemerahan
  • Ngilu dan panas di sekitar sendi
  • Deformitas sendi
  • Ketidakmampuan untuk menggunakan sendi
  • Rasa sakit yang intens
Dokter Anda akan menemukan penyebab dari nyeri sendi Anda. Anda perlu untuk menjelaskan rasa sakit kepada dokter Anda. Beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan adalah:
  • Di mana Anda merasakan sakit?
  • Kapan nyeri mulai terjadi?
  • Apakah rasa sakit terasa semakin parah?  
  • Apakah Anda memiliki gejala lain yang menyertai nyeri sendi?
Untuk mendapatkan diagnosa terbaik, dokter mungkin melakukan beberapa tes, seperti tes darah, sinar-x untuk meminimalisir kemungkinan patah tulang, CT atau MRI scan, serta berbagai tes pergerakan.

OBAT NYERI SENDI SECARA ALAMI TERBUKTI SEMBUH DENGAN CEPAT TANPA KAMBUH LAGI

Walatra Sehat Sendi adalah suplemen kesehatan berbasis herbal, yang di formulasikan secara khusus untuk menutrisi sekaligus dapat membuat mengatasi berbagi permasalahan sendi dan juga tulang bersifat ringan hingga parah sekalipun , secara alami aman dan tanpa efek samping sedikitpun.
Semua bahan alami tersebut telah diteliti oleh PARA AHLI , dimana di dalam kandungan bahan tersebut terdapat kandungan aktif yang berperan aktif untuk mengatasi berbagai macam penyakit nyeri sendi.
Semua kandungan aktif di dalam bahan herbal walatra sehat sendi telah didukung dengan proses pengolahan menggunakan teknologi nano. Perlu anda ketahui bahwa teknologi nano memeiliki fungsi untuk memperkecil partikel hasil olahan herbal tersebut menjadi jauh lebih halus sehingga menghasilkan herbal yang mudah diserap tubuh sehingga bisa cepat Anda rasakan khasiatnya. Selain itu anda juga tidak perlu khawatir ataupun ragu untuk mengkonsumsi obat herbal ini karena obat herbal waltra sehat sendi sudah memiliki izin edar resmi dari BPOM RI dengan No Reg TR 173306091, atas nama samulinpro. Selain itu, walatra sehat sendi juga telah mendaptkan sertifikat HALAL resmi dari MUI. Aman tanpa efek samping sedikitpun karena di produksi tanpa campuran bahan kimia sedikitpun, semuanya menggunakan ekstrasi bahan herbal alami.
Adapun komposisi walatra sehat sendi diantranya adalah:
1.      60% akar kuning (Arcangelisia flava)
2.      20% bratawali (Tinospora Crispa L.)
3.      20% daun salam (syzygium polyanthum)

Khasiat Walatra Sehat Sendi
1.      Membantu mengatasi nyeri sendi
2.      Membantu merawat kesehatan tulang sendi
3.      Membantu mengatasi pegal linu
4.      Membantu mengatasi tulang kaku
5.      Membantu mengatasi asam urat
6.      Membantu mengatasi pengapuran sendi
7.      Membantu mengatasi reumatik
8.      Membantu mengatasi osteoporosis
9.      Membantu mengatasi osteoarthitis
10.  Membantu mempercepat proses pemulihan patah tulang
11.  Membantu mengatasi persendian yang membengkak
12.  Dan masih bnyak lagi khasiat lainnya.

Komposisi Walatra Sehat Sendi
Kandungan Daun Salam

Daun Salam memiliki khasiat untuk mengatasi masalah asam urat. Selain itu daun salam juga memiliki kandungan lain seperti saponin, flavonoida, alkaloida, polifenol dan tanin, minyak atsiri, sitral, eugenol, sseskuiterpen, triterpenoid, fenol, steroid, laknot, dan karbohidrat. beberapa kandungan tersebut mampu menurunkan kadar asam urat dengan menghambat ezim xantin oksidase yang merupakan salah satu faktor pembentukan asam urat.
Kandungan Akar Kuning

            Khasiat dari akar kuning memang belum dikenal secara luas, namun beberapa penelitan sudah banyak menggungkapkan bahwa akar kuning ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dalam mengatasi masalah persendian.
            Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) pada bulan Mei tahun 2013 lalu menemukan bahwa tumbuhan akar kuning memiliki kandungan beberapa senyawa kimia seperti saponin, alkoloid dan zat lender yang diketahui mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.
Kandungan Brotowali

           Bratawali atau brotowali juga sering digunakan dalam pengobatan tradisonal di beberapa daerah. tanaman ini dipilih karena memiliki kandungan alkaloid dan pikrotetin yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah pada tulang dan sendi.
           Anti-analgesik dalam Brotowali yang bersifat penghilang rasa sakit dapat mengobati masalah seperti rematik, nyeri pinggang, punggung, dan persendian. dan bahkan bratawali ini juga memiliki sifat Antiporotik yang efektif dalam membantu kepadatan pada tulang.
Proses Pengelolahan Walatra Sehat Sendi
Ketiga bahan dasar tersebut dipilih dan diextract oleh para ahli kesehatan dengan metode ”natural extracting”, sehingga kandungan yang didapatkan menjadi lebih kompleks. Ridak sampai disitu, hasil pengekstrakasian tersebut disempurnakan lagi dengan metode khusus yakni “Nano Technology”. Teknologi ini memiliki keunggulan dalam hal penyerapan zat ke dalam tubuh yang lebih cepat. Sehingga semua kandungan zat mampu bereaksi ke dalam tubuh lebih efektif
Sekilas Tentang Nyeri Sendi
Nyeri sendi umunya banyak dialami oleh orang tua, dan ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang nyeri sendi. Masalah nyeri sendi sering dikaitankan dengan adanya beberapa penyebab masalah pada tulang dan sendiri, seperti asam urat, reumatik, gout, osteoporosis, arthristis, dan sebagainya. Meskipun nyeri sendi termasuk gejala yang biasa, namun jika penyebab nyeri sendi tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan kondisi tulang atau sendi anda akan semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Dalam beberapa kasus yang parah, masalah terhadap kesehatan tulang dan sendi dapat berisiko menyebabkan kelumpuhan permanen.
Walatra Sehat Sendi

Harga : Rp. 200.000
Isi : 100 kapsul
Komposisi : 60% akar kuning, 20% bratawali, 20% daun salam
Cara Konsumsi : ( 3 x 2 Kapsul Perhari Setelah Makan )
Kode Produk : SHD

Comments

Popular posts from this blog

Biji Jinten Hitam

Kesehatan Tubuh